Sempu island

Sempu island
featuring cicak rebel

Jumat, 13 Agustus 2010

RPP SEJARAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                       : SMAN X
Program                                       : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran                             : Sejarah
Kelas/Semester                            : XII/1
Alokasi Waktu                             : 1x45 menit
Standar Kompetensi                    : 1.  Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai  dengan Masa Reformasi
Kompetensi Dasar                        : 1.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah masa Reformasi
Indikator                               
·         Mengidentifikasi turunnya nilai RI rupiah terhadap dolar AS. yang mendasari tercetusnya reformasi
·         Memahami peristiwa 1998 (Tri Sakti, Semanggi I&II)
·         Menjelaskan mundurnya presiden Suharto.

A. Tujuan Pembelajaran     
            Peserta didik mampu untuk:
- Memahami sebab–sebab terjadinya inflasi dan krisis moneter
      - Menjelaskan peristiwa 1998 (Tri Sakti, Semanggi I&II)
      - Mendeskripsikan kemunduran presiden Suharto
      - Mengambil hikmah terhadap maslah yang timbul pasca reformasi.

B. Materi Pembelajaran
           “Krisis dan tuntutan Reformasi”
                 Turunnya nilai mata uang RI terhadap Dollaar pada Juli 1997 mengakibatkan merosotnya nilai rupiah di dunia internasional. Hal ini juga berimbas pada utang luar negeri yang sangat tajam hingga mencapai 163 milliar dollar. Tentu saja keadaan ini memicu tingkat perrtumbuhan ekonomi yang rendah. Beberapa indicator penyebabnya adalah semakin maraknya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Keadaan diperburuk dengan adanya mosi tidak percaya terhadap pemimpin.
           Sementara itu, terkait dengan aksi protes mahasiswa, menimbulkan berbagai peristiwa 1998 diantaranya adalah Peristiwa Tri Sakti, Semanggi I&II. Latar belakang terjadinya peristiwa tersebut adalah ketidakpuasan terhadap kepemimpinan rezim Suharto yag dinilai dictator dan terhadap kinerja cabinet PembangunanVII.
             
C. Metode Pembelajaran
      “Peer Lesson“
      Melalui peta konsep plus persentasi yang disertai dengan diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (45 menit)
1. Kegiatan awal (5 menit)
Ø  Mengondisikan kelas dan mengecek kesiapan siswa untuk menerima materi.
Ø  Apersepsi     : Siswa diajak untuk memahami arti  reformasi dan arti penting yang diperoleh setelah  dengan gambar maupun  media yang berkaiatan dengan masalah tersebut.
Ø  Motivasi       : motivasi yang diberikan oleh guru dalam  bentuk – bentuk interaksi yang mengacu pada materi. Dan  Siswa diajak untuk merenung arti penting mempelajari sejarah
Ø  Guru Memberikan sedikit ulasan tentang materi ( Sebagaimana yang tercantum pada meteri pokok diatas).kurang lebih 10 menit
    2.  Kegiatan Inti (35 menit)
Ø  Membagi Siswa menjadi kelompok-kelompok kecil sebanyak konsep materi yang akan disampaikan
Ø  Tiap-tiap kelompok kecil diberi tugas untuk memelajari satu topic materi, kemudian mengajarkannya pada kelompok lain.
Ø  Meminta kepada masing-masing kelompok untuk menyiapkan strategi dalam menyampaikan materi kepada teman-teman sekelas.
Ø  Guru memberikan saran seperti penggunan media pembelajaran dan contoh-contoh yang relevan, serta member kesempatan untuk bertanya
Ø  Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang telah diberikan
3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
Ø  Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
Ø  Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
Ø  Guru memberikan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman siswa

E.     Sumber Belajar
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
  • Buku sumber Sejarah SMA XII IPA – ESIS
  • Internet
  • LCD

F.     Penilaian
Penilaian oleh guru
Model  I
Aspek yang dinilai
No
Nama Siswa

Keaktifan menggali sumber

Kemampuan bekerjasama
Keaktifan bertanya
Akurasi pertanyaan
Kemampuan verbal

Kemampuan menang-gapi pertanyaan
Akurasi penulisan laporan
Jumlah Nilai
1









2









3









4.
Dst.








Catatan: Skala Penilaian 1 – 4                                          Kriteria Penilaian
               4 : sangat aktif                                                   23 – 28 : A
               3 : aktif                                                               20 – 23 : B
               2 : kurang aktif                                                   16 – 19 : C
               1 : tidak aktif                                                     12 – 15 : D
                                                                                            7 – 12 : E
                                                                                         
    Penilaian oleh Siswa
Model / contoh 2

No.
         Nama Siswa
   Nilai
        Deskripsi Kemampuan
  1.

      A
Aktif dalam diskusi kelompok, bicara cukup lancar, alasan yang dikemukakan logis, tidak menang sendiri.
  2.



  3.




Nilai pertanyaan maupun argumen
Catatan : skala penilaian 1 – 4                                   Kriteria Penilaian
               4 : sangat baik                                                    21 – 25 : A
               3 : baik                                                               16 – 20 : B
               2 : kurang baik                                                   11 – 15 : C
               1 : tidak baik                                                        6 – 10 : D
                                                                                            1 –   5 : E
Keterangan:
1.  Nilai bisa dengan huruf : A, B, C, D.
      Atau angka : < 65, 66 – 79, 80 –100
2. Deskripsi kemampuan berisi tentang uraian kemampuan yang dicapai siswa.
3.   Siswa dalam satu kelas secara umum dapat dibagi dalam 3 kemampuan yaitu kemampuan lebih, normal, dan kurang. Siswa yang berkemampuan lebih perlu ditindaklanjuti dengan pemberian pengayaan, sedangkan yang berkemampuan kurang perlu mendapat remediasi, dan yang berkemampuan normal/sedang biasanya jumlahnya lebih banyak diberi motivasi agar dapat meningkat prestasinya.



    Surabaya, 20 Agustus 2009
                                                                            Guru Pemula,





                                                                                       Wahyu Nurul Hidayati
                                                                                       NIM 06 4284 041
                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar