Sempu island

Sempu island
featuring cicak rebel

Kamis, 19 Agustus 2010

Rencana Pengembangan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN   :  SMP
MATA PELAJARAN         : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU
KELAS/SEMESTER          : VII/GENAP
TEMA                                 :  PEMANFAATAN PETA
ALOKASI WAKTU            : 1 X 45 MENIT

A. Standar kompetensi
§             Geografi      : Memahami usaha manusia untuk mengenali    perkembangan lingkungannya
§  Sosiologi      : -
§  Ekonomi       : Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-   Budha sampai masa kolonial Eropa
§  Sejarah         : memahami kegiatan ekonomi masyarakat

B. Kompetensi Dasar
Geofrafi    :
4.1  Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4.2  Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3  Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
4.4  Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, dan dampaknya terhadap kehidupan
Sosiologi   : --
Ekonomi   :
6.2   Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang/jasa.
Sejarah     :
5.1   Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha, serta peninggalan-peninggalannya
5.2   Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peningalannya
5.3   Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta peninggalan-peningalannya

C. Indikator
Geofrafi    :
·     Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.
·     Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
·     Mengartikan berbagai skala peta.
·     Memperbesar peta dan atau memperkecil dengan bantuan garis-garis koordinat.
Sosiologi   : --
Ekonomi   :
·    Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa.
·     Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa.
·     Mendeskripskikan kegitan distribusi barang dan jasa.
Sejarah     :
·        Membaca peta dan membuat jalur masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Bhudda ke Indonesia
·        Menunjukkan pada peta daerah yang dipengaruhi dan tidak dipengaruhi unsur Hindu-Bhudda di Indonesia samapai abad ke-14
·        Membaca dan membuat peta jalur penyebaran Islam di Indonesia
·        Membandingkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi dan tidak dipengaruhi Islam di Indonesia pada abad ke-16,18 dan 20

D. Materi
Ø  Peta dengan berbagai jenis dan bentuknya (atlas dan globe) secara umum
Ø  Peta daerah Bojonegoro dengan skala tertentu
Ø  Peta persebaran perkembangan agama Hindu-Budha, Islam, dan pengaruh kolonial Eropa serta peninggalannya di Bojonegoro
Ø  Peta persebaran kegiatan ekonomi penduduk meliputi produksi, konsumsi, dan distribusi

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                        : Kontekstual
2.      Metode Pembelajaran         : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan

F. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
(5 menit)
·        Guru memperlihatkan contoh peta, atlas, dan globe
·        Mengadakan tanya jawab tentang segala sesuatu yang ada di peta (simbol, mata angin, dan ciri-ciri lainnya)
Kegiatan Inti
(35 menit)
·        Guru menjelaskan topik yang akan disampaikan
·        Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (satu kelompok terdiri dari 5–6 siswa)
·        Setiap kelompok ditunjuk ketua kelompok dan sekretaris kelompok

·        Setiap kelompok diberikan uraian tugas yang berbeda, kelompok 1 membahas tentang pengertian dan kegunaan peta, atlas, dan globe, kelompok 2 membahas tentang syarat dan jenis peta, kelompok 3 mambahas tentang tingkatan hasil produksi primer berserta daerahnya, kelompok 4 membahas tentang daerah-daerah yang dipengaruhi oleh gama Hindu-Bhuda dan Islam
·        Guru mengamati perilaku siswa selama diskusi (keterlibatan, disiplin, kerjasama kelompok dan tanggung jawab)
·        Setelah berdiskusi setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompok di depan kelas dan kelompok lainnya mendengarkan dan mengajukan pertanyaan.
·        Siswa membuat laporan hasil diskusi
Kegiatan akhir/ penutup (5 menit)
·        Guru memberikan reward pada kelompok yang paling baik (hasil kerja, kerjasama kelompok, keaktifan dan lainnya) dan memberikan semangat pada kelompok yang belum menunjukkan hasil yang baik.
·        Guru memberikan penjelasan tambahan tentang kekurang-lengkapan informasi yang dilaporkan oleh setiap kelompok.
·        Guru memberikan tugas membuat peta daerah Bojonegoro yang dipengaruhi oleh agama Hindu-Bhuda dan Islam dengan menggunakan skala.
·        Guru memberikan simpulan tentang apa yang telah dipelajari
·        Menutup pelajaran dan memberikan pesan moral bagi para siswa

G.  Alat dan Sumber
Alat            : Peta, globe dan atlas.
Sumber      : Buku-buku pelajaran Sejarah, Ekonomi, Geografi SMP kelas VII   semester genap

H.  Penilaian
a. Tes tertulis:
  1. Apakah yang dimaksud dengan peta?
  2. Jelaskanlah syarat-syarat peta?
  3. Jelaskan jenis-jenis atlas?
  4. Bagaimana penggunaan globe?

b. Non Tes:
Penilaian terhadap tugas kelompok meliputi aspek:
§   Kebersamaan dalam kerja kelompok
§   Keakuratan isi laporan
§   Kerapihan tulisan
§   Kecepatan membuat laporan kelompok
§   Performa pada saat presentasi.




Catatan : skala penilaian 1 – 4                                     Kriteria Penilaian
               4 : sangat baik                                                     16 - 20 : A
               3 : baik                                                                11 - 15 : B
               2 : kurang baik                                                     6 – 10  : C
               1 : tidak baik                                                       1 – 5    : D


Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal                       : ………………………………………………
Topik diskusi/debat            : …………………………………………………
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Surabaya,    April 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                       Guru Bidang Studi,




…………………..                                                                 Wahyu Nurul Hidayati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar