RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU
KELAS/SEMESTER : VII/GENAP
TEMA : PEMANFAATAN PETA
ALOKASI WAKTU : 1 X 45 MENIT
A. Standar kompetensi
§ Geografi : Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
§ Sosiologi : -
§ Ekonomi : Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu- Budha sampai masa kolonial Eropa
§ Sejarah : memahami kegiatan ekonomi masyarakat
B. Kompetensi Dasar
Geofrafi :
4.1 Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, dan dampaknya terhadap kehidupan
Sosiologi : --
Ekonomi :
6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi barang/jasa.
Sejarah :
5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha, serta peninggalan-peninggalannya
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peningalannya
5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa, serta peninggalan-peningalannya
C. Indikator
Geofrafi :
· Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.
· Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
· Mengartikan berbagai skala peta.
· Memperbesar peta dan atau memperkecil dengan bantuan garis-garis koordinat.
Sosiologi : --
Ekonomi :
· Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa.
· Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa.
· Mendeskripskikan kegitan distribusi barang dan jasa.
Sejarah :
· Membaca peta dan membuat jalur masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Bhudda ke Indonesia
· Menunjukkan pada peta daerah yang dipengaruhi dan tidak dipengaruhi unsur Hindu-Bhudda di Indonesia samapai abad ke-14
· Membaca dan membuat peta jalur penyebaran Islam di Indonesia
· Membandingkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi dan tidak dipengaruhi Islam di Indonesia pada abad ke-16,18 dan 20
D. Materi
Ø Peta dengan berbagai jenis dan bentuknya (atlas dan globe) secara umum
Ø Peta daerah Bojonegoro dengan skala tertentu
Ø Peta persebaran perkembangan agama Hindu-Budha, Islam, dan pengaruh kolonial Eropa serta peninggalannya di Bojonegoro
Ø Peta persebaran kegiatan ekonomi penduduk meliputi produksi, konsumsi, dan distribusi
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Kontekstual
2. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Tahapan Kegiatan | Kegiatan |
Kegiatan Awal/Pendahuluan (5 menit) | · Guru memperlihatkan contoh peta, atlas, dan globe · Mengadakan tanya jawab tentang segala sesuatu yang ada di peta (simbol, mata angin, dan ciri-ciri lainnya) |
Kegiatan Inti (35 menit) | · Guru menjelaskan topik yang akan disampaikan · Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (satu kelompok terdiri dari 5–6 siswa) · Setiap kelompok ditunjuk ketua kelompok dan sekretaris kelompok · Setiap kelompok diberikan uraian tugas yang berbeda, kelompok 1 membahas tentang pengertian dan kegunaan peta, atlas, dan globe, kelompok 2 membahas tentang syarat dan jenis peta, kelompok 3 mambahas tentang tingkatan hasil produksi primer berserta daerahnya, kelompok 4 membahas tentang daerah-daerah yang dipengaruhi oleh gama Hindu-Bhuda dan Islam · Guru mengamati perilaku siswa selama diskusi (keterlibatan, disiplin, kerjasama kelompok dan tanggung jawab) · Setelah berdiskusi setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompok di depan kelas dan kelompok lainnya mendengarkan dan mengajukan pertanyaan. · Siswa membuat laporan hasil diskusi |
Kegiatan akhir/ penutup (5 menit) | · Guru memberikan reward pada kelompok yang paling baik (hasil kerja, kerjasama kelompok, keaktifan dan lainnya) dan memberikan semangat pada kelompok yang belum menunjukkan hasil yang baik. · Guru memberikan penjelasan tambahan tentang kekurang-lengkapan informasi yang dilaporkan oleh setiap kelompok. · Guru memberikan tugas membuat peta daerah Bojonegoro yang dipengaruhi oleh agama Hindu-Bhuda dan Islam dengan menggunakan skala. · Guru memberikan simpulan tentang apa yang telah dipelajari · Menutup pelajaran dan memberikan pesan moral bagi para siswa |
G. Alat dan Sumber
Alat : Peta, globe dan atlas.
Sumber : Buku-buku pelajaran Sejarah, Ekonomi, Geografi SMP kelas VII semester genap
H. Penilaian
a. Tes tertulis:
- Apakah yang dimaksud dengan peta?
- Jelaskanlah syarat-syarat peta?
- Jelaskan jenis-jenis atlas?
- Bagaimana penggunaan globe?
b. Non Tes:
Penilaian terhadap tugas kelompok meliputi aspek:
§ Kebersamaan dalam kerja kelompok
§ Keakuratan isi laporan
§ Kerapihan tulisan
§ Kecepatan membuat laporan kelompok
§ Performa pada saat presentasi.
Catatan : skala penilaian 1 – 4 Kriteria Penilaian
4 : sangat baik 16 - 20 : A
3 : baik 11 - 15 : B
2 : kurang baik 6 – 10 : C
1 : tidak baik 1 – 5 : D
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : ………………………………………………
Topik diskusi/debat : …………………………………………………
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif |
| |||||||||||||||||
Penilaian kelompok | |||||||||||||||||||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | | |||||||||||||||||
2 | Kerjasama kelompok | | | | |||||||||||||||||
3 | Hasil tugas | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok | | | |||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik | |||||||||||||||||||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | | |||||||||||||||||
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | | |||||||||||||||||
3. | Inisiatif | | | | |||||||||||||||||
4. | Ketelitian | | | | |||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu | | |
Surabaya, April 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi,
………………….. Wahyu Nurul Hidayati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar